Senin, 25 Februari 2013

TIPS MENBUAT KEPUTUSAN YANG TEPAT


TIPS MEMBUAT KEPUTUSAN YANG TEPAT  

Setiap hari kita akan selalu dihadapkan pada pilihan, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit. Pilihan sederhana, misalnya, akan menggunakan baju kerja warna apa hari ini. Sedangkan pilihan yang rumit bisa juga terjadi saat menentukan akan melanjutkan sekolah ke mana, memilih pasangan hidup, bahkan membeli rumah. Situs Oprah.com memberikan petunjuk untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Identifikasi tujuan Anda

David Welch, PhD, profesor ilmu politik pada University of Waterloo, Ontario, dan penulis Decisions, Decisions: The Art of Effective Decision Makingmenerangkan, "Orang yang tidak bisa merefleksikan dirinya sendiri akan berakhir dengan membuat keputusan yang buruk karena mereka tidak benar-benar tahu apa yang mereka inginkan sebagai prioritas utama." Sebelum menginginkan pekerjaan baru, tanyakan pada diri sendiri: Apakah aku benar-benar menginginkan karier yang beda? Atau saya hanya ingin atasan yang berbeda? Jangan membuat keputusan hanya berdasarkan masalah yang salah.

Ciptakan standar 

Anda harus menciptakan daftar pilihan yang sesuai keinginan terhadap barang tertentu. Misalnya, jika Anda ingin membeli kamera digital, buat catatan fasilitas apa saja yang akan bisa Anda gunakan dari kamera itu. Semua kamera yang sesuai dengan standar pilihan akan bagus untuk Anda. Abaikan hal-hal yang sifatnya hanya untuk senag-senang.

Jangan terburu-buru

Orang sering membuat keputusan buruk saat mereka sedang stres. Saat menghadapi pilihan yang kompleks, gunakan otak yang sadar untuk mengumpulkan informasi yang Anda perlukan, dan beristirahatlah. Lakukan jalan kaki, setengah jam meditasi, tidur siang, atau bahkan minum bir. Tujuannya adalah memberikan pikiran yang sedang tidak sadar sedikit waktu untuk bekerja. Pilihan yang Anda buat setelah melakukan kegiatan ini biasanya akan merupakan piihan bagus atau setidaknya pilihan yang masih bisa diterima.

Kurangi pilihan

Jika mungkin, kurangi pilihan dengan menciptakan aturan bagi diri Anda sendiri. Buat jadwal seperti Anda akan pergi yoga setiap akhir pekan, tidak akan minum anggur lebih dari dua gelas atau bahkan pilihan seperti tidak akan membeli tisu toilet jika tidak sedang ada potongan harga.

Evaluasi

Setelah keputusan terbuat, tanyakan pada diri sendiri bagaimana perasaan Anda setelahnya dan pengalaman yang bisa Anda dapatkan.

Sumber : Tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar